Bengkulu - Indonesian Map Agriculture Commodities of Export (IMACE) saat ini menjadi Aplikasi unggulan Kementerian Pertanian RI yang berhasil menjadi nominasi dalam Ajang SINOVIK 2021. Sebagai Peta digital ekspor komoditas pertanian, IMACE mampu menggambarkan informasi terkait ekspor dan potensi kepada para pemangku kepentingan, tak terkecuali pemerintah daerah.

Bertempat di Aula Pertemuan Karantina Pertanian Bengkulu, berlangsung Pelatihan bagi Petugas (ToT) Admin IMACE Kota dan Kabupaten se-Propinsi Bengkulu, Jumat, (6/08). Kegiatan yang dilakukan secara daring melalui ruang virtual ini dibuka oleh Kepala Urusan Kesekretariatan Wisnu Ramadhani, S.Kom juga diikuti oleh segenap Pegawai.

Kepala Urusan Teknis Metiya Handayani, SP yang menjadi pemateri pertama menyampaikan bahwa ToT ini merupakan tindak lanjut dari surat Mentan terkait penunjukan petugas Admin IMACE lingkup Kota dan Kabupaten Kota. "Bapak dan Ibu yang menjadi petugas Admin di daerah nantinya menjadi penyampai informasi sebagai bahan kebijakan pengembangan komoditas unggulan ekspor atau berpotensi ekspor di daerah masing-masing," papar Metiya.

Ahmad Yasran selaku Admin UPT menyampaikan bahwa aplikasi IMACE Ini dapat diakses melalui dua cara, yaitu berbasis website dan android melalui gawai. "Melalui IMACE, data informasi terkait negara tujuan, pelaku usaha dan informasi terkait persyaratan dan prosedur ekspor serta sentra komoditas pertanian berorientasi ekspor," papar Yasran. "Data yang terhimpun bersumber dari aplikasi operasional Karantina Pertanian IQFAST, sehingga data yang tersaji adalah data komoditas yang telah disertifikasi karantina, baik ekspor maupun antar area", tambah Yasran.

SobatQ, Informasi yang terhimpun dari IMACE dapat digunakan untuk melihat tren dan potensi ekspor komoditas pertanian dan perkebunan yang dapat dikembangkan sesuai kondisi wilayah. Kegiatan diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab dari peserta pelatihan dengan para pemateri.

#ToTIMACE
#LaporKarantina
#KarantinaPertanianBengkulu

 

BERITA TERKINI LAINNYA ==KLIK DISINI==                                                                                           

   

 

KEMBALI KE BERANDA ==KLIK DISINI==>