Standar Pelayanan Publik (SPP) Karantina Pertanian Bengkulu Tahun 2021 Bisa Klik disini

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT atas kehadiratnya yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga senantiasa dalam pertunjuk dan lindungan-Nya sehingga Karantina Pertanina Bengkulu dapat melaksanakan Standar Pelayanan Publik sebagaimana telah diatur dalam peraturan perundangan yang berlaku.

Karantina Pertanian Bengkulu sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Karantina Pertanian – Kementerian Pertanian mempunyai peran penting dan strategis dalam mengamankan wilayah Negara Indonesia dari masuk dan tersebarnya Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) dan Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK).

Rencana Kerja yang inovatif dalam melaksanakan tugas penting tersebut perlu dimiliki oleh Karantina Pertanian Bengkulu melalui: 1) Sertifikat Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 terhadap pelayanan Perkarantinaan , 2) Akreditasi Laboratorium Uji Karantina Hewan dan Karantina Tumbuhan. 3) Mengembangkan teknologi informasi sehingga memudahkan pelayanan serta.4) Mengikuti mengadakan pelatihan guna meningkatkan mutu SDM.

Karantina Pertanian Bengkulu selalu berupaya meningkatkan koordinasi dan jalinan komunikasi dengan instansi terkait termasuk instansi lingkup Pemda Bengkulu, guna mencapai sinergitas dalam melakukan cegah tangkal masuk tersebarnya HPHK dan OPTK di Bengkulu.

Harapan dari Standar Pelayanan Publik ini dapat memberikan gambaran secara utuh Karantina Pertanian Bengkulu beserta unit pelayanan dan wilayah kerjanya sehingga dapat meningkatkan pemahaman masyarakat dan stakeholder terhadap tugas pokok dan fungsi karantina dalam melindungi Sumber Daya Hayati Indonesia khususnya Bengkulu.

Secara umum, Standar Pelayanan Publik (SPP) Karantina Pertanian Bengkulu Meliputi:

 

1. Profil

    Visi dan Misi

    Tujuan Karantina

    Sumber Daya Manusia

    Manajemen Pelayanan

    Instalasi Karantina

    Laboratorium Uji

   Hak Pengguna Jasa (lihat disini)

   Hak Peyelenggara ( Lihat disini)

   Pengelolaan Pengaduan Masyarakat

   Alur Pengaduan Masyarakat

2. Tindakan Karantina (8P)

   Pemeriksaan 

   Pengamatan dan Pengasingan

   Perlakuan

   Penahanan

   Penolakan

  Pemusnahan

  Pembebasan

  Pengawasan dan Penindakan

3. SKIM Audit Barantan

4.  Wilayah Kerja

5.Standar Pelayanan Publik

   Maklumat Pelayanan (Lihat disini)

  Jangka Waktu Layanan (Lihat disini)

  Jam Pelayanan Karantina (Lihat disini)

6. Alur Pelayanan Karantina Pertanian Kategori Resiko Rendah

   Pemasukan Beras

   Pemasukan Straberry

   Pemasukan Bunga Potong Krisan

   Pemasukan Syaur Segar

   Pengeluaran Kumbang Tanduk Hidup

   Pengeluaran Kumbang Tanduk Mati

7.Alur Pelayanan Karantina Pertanian Kategori Resiko Sedang

   Pemasukan Bibit Buah Naga

   Pengeluaran Bibit Gaharu

   Pemasukan Benih Kelapa Sawit

   Sertifikasi Kemasan Kayu ke Luar Negeri

   Pemasukan Daging Sapi Olahan

   Pengluaran Sarang Burung walet

8. Alur Pelayanan Karantina Pertanian Kategori Resiko Tinggi

   Pemasukan Benih Jagung

   Pemasukan Benih Padi

   Pemasukan Benih Tomat

   Pemasukan Anjing

   Pemasukan Ayam/Unggas Kesayangan

   Pemasukan Unggas Kecil Kesayangan/Burung

   Pemasukan Kucing

   Pemasukan DOC (Non Bibit)